Cara Mengganti URL di Database MySQL Saat Redirect ke Domain Baru TERBARU Lengkap Full Gambar




Mengelola website atau blog menggunakan domain dan hosting sendiri memang lebih asyik ya? meskipun otodidak kita bisa memahami dasar – dasar pengelolaan website dari sisi server. Salah satunya adalah mengenal dasar – dasar database MySQL di PhpMyAdmin.
Salah satunya adalah setting atau konfigurasi database saat migrasi atau berpindah dari domain lama ke domain baru. Sebagai contoh adalah migrasi domain dari uceng999.com ke ubloger.com yang saya lakukan beberapa bulan lalu.

Cara Mengganti URL di Database MySQL Saat Redirect ke Domain Baru

Mungkin kamu yang baru pernah melakukan redirect domain terutama di WordPress yang saat itu saya gunakan, sempat bingung apakah harus mengganti link satu persatu ke domain baru. Padahal sebenarnya caranya tidak demikian, kita hanya perlu merubah beberapa URL saja dalam table database untuk kemudian seluruh link dafault pada website secara otomatis akan terganti ke link domain baru.
Berikut ini tutorial cara mengganti link di database saat redirect dari domain lama ke domain baru yang saya contohkan pada CMS WordPress. Kuncinya adalah pada table wp_option, kamu hanya perlu merubah link domain pada table itu saja.
  • silahkan login ke phpMyAdmin dan pilih wp_option
  • kemudian rubah dua link domain lama ke domain baru pada kolom siteurl dan home seperti contoh gambar berikut:
Cara Mengganti URL di Database MySQL Saat Redirect ke Domain Baru
  • contohnya saya ganti domain lama ubloger.com ke domainbaru.com, lengkap dengan http nya juga ya
Cara Mengganti URL di Database MySQL Saat Redirect ke Domain Baru
  • klik Kirim untuk menyimpan perubahan dan silahkan cek hasilnya
Secara otomatis semua link website kamu kecuali link yang di buat manual akan teralihkan ke domain baru. Oh ya pastikan juga kamu sudah mengatur redirect di Google Search Console nya, karena proses redirect ini juga perlu pengindexan kembali agar semua trafik dari domain lama tidak hilang.


0 Response to "Cara Mengganti URL di Database MySQL Saat Redirect ke Domain Baru TERBARU Lengkap Full Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel